Jalan Baru Dekatkan Luwu-Sidrap

Jumat, 15 Januari 2021 10:41

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Amran Sulaiman berbincang dengan Bupati Sidrap, Dolla Mando saat memantau pembangunan jalur Tanrutedong-Compong-Larompong, beberapa waktu lalu. Pemprov akan terus berupaya membuka akses baru antar daerah. (ATPIM PEMPROV)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pembangunan ruas jalan Tanru Tedong-Compong di Sidrap dengan Larompong di Luwu sudah hampir rampung. Ruas ini memangkas perjalanan yang menghubungkan dua daerah tersebut.

Ruas jalan ini menghubungkan Kabupaten Sidrap dengan Luwu, melalui Wajo. Jalan ini pun memperpendek akses hingga 30 kilometer.

Pembangunan jalan ini sudah memasuki tahap kedua. Anggarannya berasal dari bantuan keuangan Pemprov Sulsel untuk Sidrap. Pada 2019, Pemprov Sulsel memberikan bantuan keuangan senilai Rp4,3 miliar. Lalu 2020 senilai Rp15 miliar.

Dalam bantuan keuangan itu, salah satunya untuk pembangunan jalan Tanru Tedong-Compong-Larompong.Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, pembangunan ini merupakan bukti perhatian pemerintah untuk pemerataan pembangunan di daerah.

“Ini sebagai pemerataan pembangunan di zona terpencil. Sebagaimana program prioritas Pemprov Sulsel untuk perintisan akses Sidrap Compong Larompong Luwu melewati wilayah Wajo,” ungkapnya.

Ruas jalan itu sepanjang 12 kilometer. Dengan tahap pertama 5 kilometer, dan dilanjutkan di tahap kedua 7 kilometer.”Alhamdulillah progress pembangunan jalannya sementara dalam tahap pelebaran jalan dan base course (lapis fondasi),” ujarnya.

Sudirman menambahkan, pembangunan jalan ini merupakan sinergitas pemprov bersama Pemkab Sidrap melalui bantuan keuangan pemerintah provinsi ke kabupaten/kota.

Plt Kepala Bappelitbangda Sulsel, Junaedi mengatakan, skema pembangunan ruas tersebut merupakan anggaran bantuan keuangan. Tahun ini, pihaknya juga menunggusulan untuk tambahan bantuan untuk infrastruktur jalan. (ful/iad)

Komentar

VIDEO TERKINI