Perbaikan Jalan Berlubang Lelet

Sabtu, 16 Januari 2021 10:05

Pengendara dibuat susah dengan banyaknya lubang di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kamis, 14 Januari. Dinas PU mengaku hingga kini masih melakukan survei untuk selanjutnya menambal lubang jalan. (NURHADI/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Jalan berlubang tak kunjung jadi perhatian. Di sepanjang Jl Metro Tanjung Bunga, lubang-lubang terus dibiarkan menghantui pengendara.

Pantauan FAJAR, baik dari arah Pantai Losari maupun Barombong, kondisi jalan sangat menghawatirkan. Dimensi dan kedalaman lubang kian parah lantaran tak tersentuh pemeliharaan.

Kondisi itu sangat membahayakan pengendara. Terutama pengendara sepeda motor. Kendaraan bisa saja terjungkal bila tak dapat menghindari lubang yang membentang di tengah jalan.

Sekretaris Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar, Fasruddin Rusli menyangkan minimnya perhatian Pemkot Makassar. Seharusnya, kondisi ini tidak dibiarkan berlarut-larut.

“Jangan nanti ada korban baru mau bergerak. Jl Metro Tanjung Bunga itu banyak yang melintas di sana. Sedangkan kondisinya jauh lebih parah dari jalan-jalan lainnya,” ujar dia, Jumat, 15 Januari.

Apalagi, kata dia, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar punya tim yang ditugaskan untuk selalu memantau kondisi jalan. Bila ada kerusakan yang cukup parah, seharusnya langsung dilakukan perbaikan.

“Kita harap pemkot bisa lebih peka. Masalah lubang di jalan ini berbahaya. Bisa menimbulkan kecelakaan. Nanti saya coba tanyakan ke dinas terkait,” terangnya.

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Dinas PU Kota Makassar, Darlis mengatakan pihaknya sementara melakukan survei titik-titik jalan yang kondisinya berlubang. Setelah itu baru dilakukan penambalan.

“Dari semua laporan masuk, tim tidak langsung bekerja. Harus pemetaan dahulu untuk melihat kadar kerusakan seperti apa. Baru setelah itu dikerjakan,” katanya.Darlis mengaku punya tim yang turun langsung melakukan survei. Selain itu, dia juga menerima laporan atau aduan dari masyarakat terkait kondisi jalan yang perlu diperbaiki.

Namun, kata dia, cuaca yang kurang bersahabat kadang kala menyulitkan tim untuk melakukan pengaspalan di area jalan berlubang. Jadi beberapa hanya ditambal dengan paving block dahulu.

Komentar

VIDEO TERKINI