Jadi Narsum Diskusi Publik KAHMI Pangkep, IDP Paparkan Pendidikan Jarak Jauh di Masa Pandemi

  • Bagikan

Dijelaskan IDP, inovasi Guru Sahabat Siswa hadir untuk mengatasi pembelajaran di wilayah yang sama sekali belum memiliki akses jaringan internet. “Inovasi Guru Sahabat Siswa adalah sebuah inovasi yang tepat di masa pandemi. Di mana guru mendatangi peserta didik, dan melakukan pembelajaran tatap muka, tapi dengan jumlah terbatas. Durasinya tidak lama, tapi tidak mengurangi substansi dan kualitas pembelajaran itu sendiri,” jelas dia.

Bagaimana dengan inovasi Guru Inspiratif? IDP menyebutkan, inovasi ini murni memanfaatkan sisi kreativitas yang menginspirasi dari seorang guru. Biasanya yang dilibatkan adalah guru berprestasi. “Kami memilih guru terbaik di setiap mata pelajaran, dan diberi kebebasan menyusun sendiri materinya, kemudian materi tersebut akan ditayangkan melalui TV lokal untuk ditonton peserta didik melalui pendampingan orang tua,” papar dia.

IDP mengakui, menjaga kualitas pendidikan di masa pandemi tak semudah membalikkan telapak tangan, karena tantangannya juga besar. “Terus terang, sangat sulit menjaga kualitas pendidikan di masa pandemi dengan pola pembelajaran jarak jauh, tapi pemerintah juga tak tinggal diam karena pemerintah berkewajiban memastikan bahwa tugas mencerdaskan bangsa dapat terus berjalan, meskipun dalam kondisi sulit seperti ini,” tandasnya. (Am/LH)

  • Bagikan