Respons Cepat KKP Terjunkan Bala Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

  • Bagikan

Sejauh ini pangkalan PSDKP Bitung yang wilayah kerjanya meliputi Mamuju telah melaksanakan aksi ikut bergabung dengan posko induk KKP dan melakukan penggalangan donasi dari pegawai lingkup Pangkalan, Satuan Pengawasan, dan Wilayah Kerja PSDKP dan telah menyalurkan bantuan secara langsung.

Selain itu, KKP juga telah menurunkan personil untuk berangkat dari Palu membawa logistik dan donasi yang terkumpul serta mempersiapkan 1 unit Kapal Hiu ke Makassar untuk mendukung penyaluran bantuan dan membawa logistik yang terkumpul dari Makassar ke wilayah Mamuju.

Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone (Politeknik KP) KKP juga tak ingin ketinggalan membantu. Pihaknya telah menerjunkan Tim Relawan yang terdiri dari Dosen, Tenaga Pendidik, Taruna (yang mendapatkan ijin dari orang tua) dan Alumni ke lokasi bencana guna membantu korban gempa bumi dengan membawa bantuan logistik dan obat-obatan. Tim tersebut rencananya akan menuju pengungsian di Majene dan Malunda untuk mendirikan posko/dapur induk.

Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo di Kabupaten Majene dan Kota Mamuju di Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) mengakibatkan banyak kerusakan infrastruktur dan juga korban jiwa.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menyebut hingga Senin (18/1) pukul 14.00 WIB, sebanyak 84 orang meninggal dunia. 73 orang meninggal ditemukan di Kabupaten Mamuju, 11 orang di Majene, dan 18 orang selamat dan berhasil dievakuasi.

Selain itu, tercatat 679 orang luka ringan serta terdapat 253 orang mengalami luka berat, yaitu 189 orang luka berat di Kabupaten Mamuju dan 64 orang luka berat di Kabupaten Majene.

  • Bagikan