Merajut Asa Korban Gempa Sulbar, Forum CSR Sulsel Kirim Logistik dan Perlengkapan Bayi

Rabu, 20 Januari 2021 18:23

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Asa untuk korban gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat terus dirajut. Kali ini bantuan kemanuasiaan itu datang dari Forum CSR Kesejahteraan Sosial Sulawesi Selatan. Sebanyak 1 truk bantuan dikirim sore ini ke Sulbar.

Fachnar Abdullah, Ketua Forum CSR Sulsel menuturkan bantuan ini merupakan tahap pertama untuk korban gempa di Sulbar. Ini adalah kolaborasi anggota Forum CSR Sulsel.

“Bantuannya berupa 50 persen sembako, 10 persen obat-obatan, tenda, peralatan dan susu bayi serta makanan siap saji. Akan ada lagi tahap-tahap selanjutnya,” terangnya saat ditemui di UPT Inang Matutu, Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Rabu (20/1/2021).

Fachnar menjelaskan, Forum CSR adalah lembaga yang diharapkan akan mempersatukan perusahaan di Sulsel, bukan hanya perusahaan BUMN tapi juga swasta. Karena ada tanggung jawab sosial dan kemanusiaan bukan hanya dari pemerintah tapi juga perusahaan swasta.

“Bantuan ini adalah hasil penggalangan dana selama tiga hari terakhir. Kurang lebih nilainya Rp 100 juta,” ujarnya.

Menurutnya, untuk gelombang pertama sekitar 10 perusahaan yang ikut berpartisipasi. Mayoritas perusahaan swasta. Ia berharap ke depan, akan semakin banyak anggota yang bergabung sehingga gerakan sosial ini bisa menyentuh lebih banyak korban bencana.

“Kami juga berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi para pengungsi korban gempa. Dan bisa berkesinambungan karena kami berharap bukan hanya ini bantuannya, tapi ada gelombang-gelombang berikutnya. Biasanya gelombang kedua akan lebih besar lagi bantuannya. Insya Allah gelombang kedua pekan depan,” papar Fachnar kepada fajar.co.id.

Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo di Kabupaten Majene dan Kota Mamuju di Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) mengakibatkan banyak kerusakan infrastruktur dan juga korban jiwa.

Komentar