Pemkot Parepare Hadirkan Layanan Cetak Dokumen Kependudukan untuk Pengungsi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- Komitmen Pemerintah Kota Parepare dalam memberikan pelayanan maksimal kepada para pengungsi diwujudkan dalam berbagai hal. Bukan hanya pada pelayanan kesehatan, namun juga pada layanan administrasi kependudukan.

Menurut Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Parepare, Adi Hidayat, dokumen kependudukan merupakan dokumen yang sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan.

“Khusus bagi para korban gempa, prioritas utama mereka adalah menyelamatkan diri sehingga kemungkinan dokumen kependudukannya tidak sempat dibawa serta pada saat peristiwa terjadi. Oleh karenanya pemerintah hadir untuk memastikan beban mereka tidak bertambah karena dokumen kependudukannya tidak terselamatkan,” ujar Adi Hidayat, Rabu, (20/1/2021).

Tidak perlu bukti fisik dan datang ke kantor, pihak kelurahan akan mendatangi titik-titik pengungsian di wilayah mereka untuk mendata para pengungsi.

“Kami berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk melakukan pendataan korban gempa yang dokumen kependudukannya tidak terselamatkan. Laporan dari kecamatan dan kelurahan menjadi dasar kami untuk melakukan pencetakan ulang,” urai Adi, sapaan karib dia.

Pendataan itu dari pihak kelurahan dan kecamatan juga bermaksud untuk memastikan kebutuhan pokok dan kesehatan para pengungsi dapat terlayani.

“Khusus untuk KTP elektronik sepanjang sudah melakukan perekaman, bisa kami cetak langsung. Sedangkan untuk dokumen lainnya, kami akan koordinasi dengan Dukcapil daerah asal, tetapi pencetakannya tetap kami lakukan di Parepare,” papar Adi.

  • Bagikan