Dapat Anggaran Rp5 Miliar, Tuntaskan Pembangunan Creative Hub

Jumat, 22 Januari 2021 09:58

Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel, Abdul Malik Faisal. (dok)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemprov Sulsel akan menuntaskan pembangunan Creative Hub tahun ini. Ada tambahan anggaran sebanyak Rp5 miliar pada APBD 2021.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Malik Faisal mengatakan, saat ini progres pembangunan Creative Hub mencapai 32 persen. Tahun lalu, bangunan di kawasan Celebes Convention Center (CCC) itu mendapat jatah anggaran Rp500 juta, sehingga tak banyak yang bisa dikerjakan.

Meski demikian, tahun ini pihaknya mengupayakan pembangunannya bisa tuntas. Setelah bangunan fisik, pihaknya menunggu realisasi bantuan yang dijanjikan oleh Kementerian Pariwisata untuk kebutuhan IT serta fasilitas pendukung lainnya.

“Mudah-mudahan sudah bisa selesai paling lambat Oktober, sehingga ada punlik space bagi para pelaku yang bergerak di bidang kerativitas. Baik industri maupun UMKM serta milenial,” jelas Malik, Kamis, 21 Januari.

Nantinya ajang perkumpulan para penggiat kreativitas akan dipusatkan di bangunan tersebut. Beragam fasilitas pun tersedia, untuk mendukung aktivitas mereka. Baik IT, fasilitas pelatihan, ruang diskusi, hingga mini teather.

Malik mengaku sudah meminta unsulan bantuan ke Kementerian Pariwisata untuk bisa mendukung program ini. Bahkan pusat menjanjikan anggaran cukup besar, sebesar Rp3 miliar sampai Rp5 miliar. Tinggal menunggu realisasi.

“Dengan adanya tambahan anggaran ini pasti kita bisa cepat merealisasikan termasuk untuk memenuhi kebutuhan fasilitas. Sementara yang Rp5 miliar untuk konstruksi dari APBD,” tambahnya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan, Creative Hub menjadi pusat sarana aktivitas para milenial. Kegiatan para penggiat dunia kreatif akan dipusatkan di lokasi tersebut. Fasilitasnya pun lengkap, untuk mendukung segala kegiatan yang digelar. (pul/iad)

Komentar