Unhas Gelar Kick Off Persiapan Akreditasi Internasional untuk 24 Program Studi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Universitas Hasanuddin menyelenggarakan rapat kick off guna mempersiapkan rangkaian akreditasi internasional ASIIN dan FIBAA. Kegiatan ini berlangsung pukul 13.00 wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (21/01).

Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D., menjelaskan kick off merupakan momen penanda keseriusan dan komitmen Unhas dalam program strategis. Pada kesempatan ini, dibangun kesepakatan bersama untuk mempersiapkan rangkaian proses akreditasi. Kegiatan ini merupakan langkah pendahuluan untuk kelangsungan capaian Unhas pada tingkat internasional.

Tahun ini Unhas akan mempersiapkan tiga jenis proses akreditasi internasional yakni ASIIN, AUN-QA dan FIBAA. Untuk akreditasi FIBAA, ini merupakan pertama kali diikuti oleh Unhas. FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) sendiri merupakan lembaga akreditasi internasional berkedudukan di Eropa, yang telah berdiri sejak tahun 2002.

"Ada beberapa proses akreditasi yang harusnya dilaksanakan pada tahun 2020, namun beralih ke tahun ini. Jika kita mampu melewatinya dengan hasil memuaskan, akan berdampak pada peningkatan pemeringkatan Unhas secara signifikan," jelas Suharman.

Tahun ini, Unhas mempersiapkan tambahan 24 program studi untuk akreditasi internasional AUN-QA, ASIIN dan FIBAA. Sebelumnya, terdapat 8 program studi yang mengalami penundaan akreditasi oleh lembaga asesor akibat situasi pandemi, sementara 4 program studi sebelumnya telah dipersiapkan. Dengan demikian, untuk tahun 2021, terdapat 36 program studi yang akan melalui proses akreditasi internasional.

  • Bagikan