Tips Berkendara Roda Dua saat Hujan

Sabtu, 23 Januari 2021 21:32

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tidak hanya menjual, Yamaha juga aktif memberi pelayanan terbaik ke pelanggan. Salah satunya memberi tips aman berkendara saat hujan.

Koordinator Yamaha Riding Academy (YRA) Main Dealer Sulselbar, Ilham Aziz mengatakan, saat musim hujan pengendara sepeda motor wajib tetap menjaga keselamatan berkendara.

“Dalam keadaan seperti itu, safety riding sangat penting dijalankan,” ujar Ilham, Sabtu (23/1/2021).

Pertama, kata Ilham pengendara perlu menyiapkan jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan dan model setelan. Disarankan agar menggunakan helm dengan visor bening. Karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara.

Selain itu, lanjut Ilham, hindari melakukan pengereman secara mendadak dan keras karena saat kondisi hujan cengkeraman ban ke jalan berkurang.

“Ban dalam kondisi baik (tidak gundul), memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah selip,” saran dia.

Divisi Promosi PT SJAM, Astam Handayani, menegaskan, pentingnya selalu menjalankan safety riding kala berkendara termasuk dalam kondisi hujan wajib diterapkan pengguna sepeda motor.

“Dengan begitu tidak hanya menjaga keselamatan diri sendiri tapi juga pengendara lainnya yang diinginkan oleh semua pihak untuk kepentingan bersama,” tukasnya. (tam)

Komentar