Begini Tips Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan di Rumah

Senin, 1 Februari 2021 14:08

Dosen Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar (UNM), Poppy Elisano Arfanda

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas ditengah pandemi covid-19 ini.

Apalagi saat ini dibeberapa daerah sedang mengalami cuaca yang tidak bersahabat. Hal tersebut bisa jadi pemicu menurunnya daya tahan tubuh kita.

Makan yang sehat dan tidur yang cukup menjadi satu hal yang penting agar imunitas kita tetap terjaga. Selain itu, yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah berolah-raga ringan.

Olah raga ringan tak mesti dilakukan di tempat kebugaran atau Gym. Di rumah pun sangat bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan tidak memakan banyak biaya.

“Olahraga ringan, misalnya jalan pagi minimal 30 menit, boleh juga cardio di rumah atau di teras,” ujar Dosen Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar (UNM), Poppy Elisano Arfanda kepada Fajar.co.id, Senin (1/2/2021).

Olagraga ringan dapat membantu mempercepat metabolisme dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan fungsi organ dalam tubuh.

“Sebaiknya di masa sekarang ini berolahraga yang sifatnya cardio yang berguna untuk melatih dan memperkuat kerja jantung,” lanjut Poppy.

Ada beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah, seperti Push Up, Squat, Shoulder taps, High knee, March step hingga Climber.

Agar hasil olahraga tersebut dapat lebih optimal, bisa ditambahkan dengan menggunakan gerakan kombinasi.

“Misalnya 1 set, 40 detik squat, 20 detik shoulder taps, 40 detik high knee, 20 detik push, 2 menit istirahat dan dilakukan 3-7 set,” ujarnya. (MG5/FNN)

Komentar

VIDEO TERKINI