PUTR Siap Tender Proyek Rp120 Miliar

Selasa, 2 Februari 2021 10:45

Salah satu ruas jalan provinsi di Jeneponto yang sudah dibenahi. Saat ini ada Rp120 miliar dari total Rp687 miliar dana perbaikan infrastruktur tahun 2021 siap ditender. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Prodes tender di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) akan segera berjalan. Benerapa proyek dengan total nilai Rp120 miliar sudah berproses pada Biro Pengadaan Barang dan Jasa.

Kepala Dinas PUTR Sulsel, Rudy Djamaluddin mengatakan, dari total Rp687 miliar anggaran, sudah ada Rp120 miliar yang siap tender. Sementara sisanya masih menunggu penetapan dari Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel.

Selain itu upaya perbaikan jalan provinsi juga terus dilakukan. Sejak 2018, 57 persen jalan dalam kondis baik. Sementara sisanya ada yang rusak parah serta membutuhkan dua kali tahun anggaran untuk menuntaskannya.

Kemudian pada 2019, jumlah jalan provinsi yang dalam kondisi baik sebanyak 62 persen. Kemudian pada 2020 bertambah jadi 70 persen. “Kita targetkan 2021 ini meningkag menjadi 80 persen. Kami benahi semua jalan yang masih dalan kategori rusak,” ujarnya kemarin.

Rudy mengaku tetap akan menjaga ritme pengerjaan jalan yang sudah dilakukan secara cepat. Melakukan pendekatan secara langsung untuk mendorong kontraktor agar bisa bekerja dengan cepat.

Dokumen pun tak lagi menumpuk. Dia ingin, seluruh keperluan dokumen untuk konstruksi dikerjakan lebih awal. Selain itu rencana kontrak dengan rekanan untuk pemeliharaan pun akan diperpanjang. Tanggung jawab yang awalnya dari enam bulan menjadi satu tahun.

“Saya mohon izin kami sampaikan kepada KPK, bahwa harga bahan pokok tidak semua sama dan tidak bisa dipukul rata,” tambahnya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah berharap proses tender ini bisa berjalan cepat. Apalagi masyarakat utamanya di daerah terisolasi sudah menunggu program pembangunan dari pemerintah. Hal itu demi membangkitkan ekonomi masyarakat.

Komentar

VIDEO TERKINI