Peduli Korban Bencana, Organda UINAM Bentuk Aliansi Gerakan Kemanusiaan

Rabu, 3 Februari 2021 18:00

Aliansi Gerakan Kemanusiaan UINAM

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Organisasi Daerah (Organda) UIN Alauddin Makassar membentuk aliansi dalam menggalang dana korban gempa Sulbar dan banjir Bima. Aliansi ini terdiri dari enam belas Organda berbagai daerah yang bersekertariat di Perumahan Baruga Samata.

Tim terbentuk sejak 20 Januari kemarin, yang dipelopori oleh ketua PKPT IPMIL Raya.

“Awalnya teman-teman IPMIL Raya mau turun donasi, namun ada ide dari ketua, bagaimana kalau disatukan semua organda untuk jalan sama-sama” ungkap Panggalo selaku Sekertaris Umum IPMIL Raya, kepada Fajar.co.id, Rabu (3/2/2021).

Aliansi yang terbentuk menggalang dana di beberapa titik di Kota Makassar dan sekitarnya, melalui masing-masing koordinator lapangan tiap organda sejak tanggal 21 Januari kemarin.

Selanjutnya, aliansi berangkat ke lokasi gempa Sulbar yang terdiri 25 orang dari masing-masing organda.

“Kami mengandalkan kawan-kawan organda yang mempunyai mobil untuk transportasi ke lokasi,” jelas Ketua Umum IPMIL Raya, Nahdatul Aris Ardiansyah saat ditemui di posko aliansi yang bersiap menuju ke lokasi gempa, Jumat malam kemarin.

Selama tiga hari di lokasi, tim menyalurkan donasi yang berupa sembako, obat-obatan, keperluan bayi, dan juga permainan anak-anak untuk menunjang program trauma healing pasca gempa. Prioritas utama, yakni menyentuh daerah-daerah yang minim donasi dari relawan yang terjun sebelumnya.

“Tim kami membawa carier (tas besar) untuk mengangkut donasi menelusuri daerah yang susah diakses, agar donasi dapat merata,” jelas Aris.

Sebelum berangkat ke lokasi, tim telah berkoordinasi dengan organda setempat, yang langsung diarahkan ke Kecamatan Tappalang, sehingga memudahkan dalam pembagian donasi, termasuk assesment data posko yang minim bantuan.

Selain di Sulbar, sebagian dana aliansi juga disalurkan ke korban banjir Bima. “Donasi untuk korban banjir Bima telah disalurkan, sejak 29 Januari kemarin, melalui tim aliansi dari Organda HMBD (Bima Dompu),” bebernya.

Komentar