Bukan RTH, tetapi Penampungan Randis Tua

Kamis, 4 Februari 2021 10:09

Ambulans dan bus pegawai yang sudah tidak laik pakai terparkir di bekas Terminal Toddopuli, Rabu, 3 Februari. Lahan ini sesuai perencanaan akan dijadikan RTH, namun belum terealisasi. (IDHAM AMA/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Eks Terminal Toddopuli kini beralih fungsi. Jadi tempat penampungan kendaraan dinas (Randis) rongsokan atau tua.

Padahal sesuai perencanaan Pemkot Makassar, lahan ini akan dijadikan taman atau Ruang Terbuka Hijau (RTH). Namun sepertinya, ia hanya rencana tanpa realisasi.

Buktinya, dari pantauan FAJAR, sejumlah randis terparkir di lahan eks Terminal Toddopuli itu. Mulai dari bus, hingga ambulans. Kondisinya tak layak lagi. Bodi mobil sudah banyak yang rusak.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Setda Kota Makassar, Andi Rahmat Mappatoba mengungkapkan, lahan itu memang menjadi tempat penampungan randis tua untuk sementara waktu.

Rencananya, randis-randis tersebut akan dilelang. Alasannya, kondisinya tidak layak lagi digunakan. Biaya operasionalnya lebih tinggi ketimbang mengadakan kendaraan baru.

“Kita sementara inventarisasi. Untuk sementara karena tidak ada tempat kita simpan di situ. Nanti akan kita lelang dalam waktu dekat ini,” kata dia, Rabu, 3 Februari.

Rahmat menyebut Sekretariat Daerah Kota Makassar sudah menyurat ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mereka diminta untuk mendata randis-randis yang tidak layak lagi digunakan.

Berdasarkan hasil inventarisasi, untuk saat ini sudah tercatat ada 103 randis yang tidak layak lagi digunakan. Baik mobil maupun sepeda motor. Itu tersebar di 11 OPD. Paling banyak di Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, yakni 56 kendaraan.

“Di Dinas Kesehatan itu rata-rata mobil ambulans yang kondisinya sudah tua atau kendaraan itu mesinnya sudah sulit diperbaiki. Biaya perbaikannya bisa lebih besar dari pada kendaraan baru,” paparnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar, Agus Djaja Said mengungkapkan, memang ada 56 randis yang sudah tidak bisa lagi digunakan di diskes. Semua dalam kondisi rusak parah dan tak bisa digunakan.

Komentar