Wabup Gowa Sebut Kesadaran Warga Terapkan Prokes Semakin Tinggi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,Gowa--Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni menyebut, tingkat kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan di Gowa sudah semakin tinggi. Meskipun masih didapati beberapa masyarakat yang tidak menggunakan masker dan dilakukan swab atau rapid antigen.

"Alhamdulillah yah tingkat kesadaran penerapan Prokes semakin tinggi, meski masih ada beberapa yang kita temui ada yang melanggar," kata Kio sapaan akrab Abd Rauf Malaganni saat meninjau penegakan pendisiplinan protokol kesehatan di Jalan Usman Salengke, Kamis (4/2/2021).

Kio bersama Tim 3 gabungan dari TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja melaksanakan Operasi Yustisi Penegakan Perda Nomor Tahun 2020 tentang Wajib Masker dan Penegakan Protokol Kesehatan di Kabupaten Gowa.

Sasaran kegiatan tersebut ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker saat berkendara.

"Bagi masyarakat yang terjaring tidak menggunakan masker langsung diberi sanksi tertulis, sanksi sosial, serta diberikan edukasi langsung oleh para petugas," kata Kio

"Seperti tadi kami temukan seorang anak kecil yang tidak memakai masker, sementara bapaknya pakai masker. Sehingga kita mengambil kesimpulan untuk merapid antigen anaknya karena kebetulan kondisi badannya demam. Jika hasilnya positif maka kita akan arahkan untuk isolasi," imbuhnya.

Kio menyebut, sampai sekarang belum ada obat adapun vaksin tapi pemberiannya dilaksanakan secara bertahap.

"Kita kepada seluruh masyarakat agar memperhatikan keluarganya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni 4M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan) sehingga kita dapat memutus mata rantai Covid 19," tuturnya

  • Bagikan