Icip-icip Sop Ubi Khas Makassar, Bikin Ngiler dan Lidah Meleleh

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSSAR -- Kuliner unik khas kota Daeng ini dijamin akan menggugah selera anda. Namanya Sop Ubi. Ya, Indonesia adalah negara kepulauan yang terkenal kaya akan keanekaragaman suku budaya dan tentunya kuliner khas di tiap-tiap daerah.

Mungkin sebagian pelancong tahunya kuliner Makassar itu adalah Coto dan Konro. Kamu salah! Tanah Celebes adalah surganya pecinta kuliner yang kaya rempah dan bikin nagih. Salah satunya ya sop ubi.

Mungkin kita semua belum mengenal yang namanya sop ubi yang terbayang oleh kita adalah ubi rebus dibuat sup. Ternyata orang Makassar menyebut ubi adalah singkong.

Selain mengenyangkan karena mengandung karbohidrat, sop ini juga kaya akan protein yang didapat dari daging dan vitamin dari beragam sayuran di dalamnya.

Sop ubi ini sama halnya dengan sop pada umumnya. Uniknya potongan ubi goreng dipadu dengan tauge, kol, laksa, telur rebus, kacang goreng, udang, potongan daging sapi atau ayam dan taburan bawang goreng menyatu dalam gurihnya siraman kuah kaldu.

Untuk mengurangi kadar lemak dalam sop ini disarankan untuk menambahkan jeruk nipis sebagai penetralisir. Serta sambal tumis untuk pecinta sensasi pedas

Kuliner khas Makassar ini sangat pas disantap saat jam makan siang. Ehmm terbayang kan kelezatan sop ubi. Jika melancong ke Makassar, kamu harus cicipi. (endra/fajar)

  • Bagikan