FAJAR.CO.ID,MAKASSAR- PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berkomitmen tetap melakukan pelayanan operasional khususnya kepada seluruh pengguna jasa meski pandemi Covid-19 masih mewabah.
Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi mengatakan untuk operasional di pelabuhan, manajemen masih menerapkan Working From Home (WFH) bagi karyawan yang berada di back office, namun pihaknya tetap berkomitmen memberikan pelayanan operasional selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.
Ia menekankan bahwa pelabuhan adalah simpul utama yang menyambungkan dan mengintegrasikan berbagai moda khususnya pada sektor darat dan laut. “Untuk itu pelabuhan senantiasa dituntut harus memiliki kinerja yang optimal dalam melaksanakan kegiatan jasa kepelabuhanan, utamanya kegiatan bongkar muat barang dan naik turun penumpang meskipun ditengah pandemi wabah Covid-19," katanya.
Menurut Prasetyadi, salah satu yang menjadi penolong adalah aktivitas konsumsi masyarakat yang justru meningkat, yaitu kebutuhan makan dan minum, obat-obatan serta kebutuhan penunjang lainnya yang relatif mengalami peningkatan.
Kendati ia tidak menampik bahwa barang keluar atau kegiatan ekspor mengalami penurunan terutama di beberapa komoditas.
“Tahun lalu, yang paling tertekan adalah ekspor ke China yaitu sekitar 60% hingga 70%, termasuk impor dari negara tersebut. Menyusul beberapa negara di Asia Timur seperti Jepang dan Korea,” sebutnya.
Meski begitu, kegiatan operasional di Pelabuhan Makassar tetap berjalan, dengan menerapkan standar protokol kesehatan atau Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ketat untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona.