Bangganya Duo Millenial Makassar Ini Bisa Bantu Petani dan Peternak ‘Naik Kelas’

Kamis, 11 Februari 2021 18:39

Rizky dan Irham. (IST)

“Keluhan mereka seputar penyerobotan lahan yang dilakukan oleh oknum yang punya power, keterbatasan pupuk, permasalaham ekonomi lainnya. Sebagai penopang ekonomi, Seharusnya mereka sejahtera. Mereka bekerja hanya untuk mencukupi kehidupannya sehari-hari,”ungkapnya.

Mereka berdua mengaku telah bertatap muka dan berdiskusi langsung dengan petani maupun peternak, juga berdiskusi dengan pakar agrobisnis. Mereka lalu berkesimpulan, ingin hadir memberi solusi guna meminimalisir permasalahan pelik tersebut.

Misalnya yang sedang mereka garap di Desa Barugayya, Kecamatan Pulobangkeng Utara, Takalar. Sekitar 5 tahun lalu di desa ini terdapat ratusan kandang ayam petelur dan broiler konvensional. Makin kesini, kandangnya semakin rapuh hingga tersisa hanya sekitar 40an kandang. Peternak tersebut sistem kerjasama dengan orang luar. Tapi tidak adil bagi hasilnya. Akibatnya peternak merugi.

“Kami kemudian renovasi kandang mereka, kami modernkan kandangnya, diberi sentuhan teknologi, dari 8.000 ekor ayam, menjadi populasinya sekarang 40.000 ekor,” akunya bangga.

Namun di tengah giatnya itu, mereka pun sadar tantangan di depan mata cukup berat, apalagi dihadapkan dengan banyaknya ‘mafia’ atau kartel.

“Kami yakin dengan niat baik dan orang-orang baik di sekitar, kami bisa membantu lebih banyak lagi petani dan peternak, khususnya di Sulsel. Aplikasi Ternak Tani insya Allah launching April 2021. Kami juga akan membantu mendistribusikan hasil tani dan ternak mereka. Membantu mendatangkan pupuk subsidi tepat waktu. Kami tengah mencari pasarnya. Doakan, startup ini jadi yang pertama di Sulsel,” beber Rizky lugas. (endra/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI