Bappeda Luwu Utara Mulai Gelar Musrenbang di Tingkat Kecamatan, Prioritaskan 7 Aspek Pembangunan

Kamis, 11 Februari 2021 00:31

FAJAR.CO.ID, MASAMBA – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) di 15 Kecamatan yang dimulai Rabu 10 Februari 2021, kemarin.

Kepala Bappeda melalui Kepala Bidang Data, Khalis menyebutkan, pihaknya menggelar Musrenbang dengan membagi 4 tim yang tersebar di 4 kecamatan yaitu Sabbang, Sabbang Selatan, Mappedeceng, dan Tanalili.

“Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan covid-19 ini merupakan tahapan selanjutnya dari proses penjaringan usulan program dan kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya melalui Musrenbang desa dan telah diinput pada aplikasi SIPD di ruang aspirasi masyarakat oleh operator SIPD masing-masing kecamatan,” kata Khalis yang dikonfirmasi, Kamis (11/2/2021).

Khalis menjelaskan, proses pelaksanaan Musrenbang tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pelaksanaannya telah melalui aplikasi Kementerian Dalam Negeri yang seragam bagi pemerintah daerah se-Indonesia yakni Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang terintegrasi dari perencanaan sampai penganggaran. Pada Musrenbang kali ini, prioritas pembangunan berdasarkan RPJP periode ke-4 terbagi dalam 7 aspek yakni pembangunan kesehatan masyarakat, pendidikan, perekonomian, infrastruktur, pemerintahan, penataan ruang, dan pengelolaan lingkungan hidup,” papar Khalis.

Dari pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan ini diharapkan dapat menghasilkan keluaran berupa penetapan usulan Prioritas Kegiatan Pembangunan berdasarkan bidang kewenangan serta Penetapan Delegasi perwakilan yang akan mengikuti Pelaksanaan Musrenbang di tingkat Kabupaten yang rencananya akan digelar pada minggu ke-4 bulan Maret mendatang. (Rn)

Komentar

VIDEO TERKINI