Hutan Bisa Jadi Ladang Uang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - - Setelah viral dengan video mengangkat keranda jenazah dan menjadi sopir ambulans di Sidrap, Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif kembali ke Makassar berbagi pengalaman soal kesuksesannya mengembangkan tanaman porang.

"Hari ini saya diundang Ditjen PHPL Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan menjadi narasumber Peluang Pasar Komoditi dan Produk Hasil Hutan bukan kayu dihadiri peserta seluruh Indonesia," kata Syahar di sela kegiatan di Hotel Sheraton, Makassar, Kamis, 11 Februari. Dia menyampaikan potensi tanaman porang sangat besar.

Tanaman ini bahkan banyak tumbuh secara liar. Sisa dikembangkan secara baik agar menjadi penghasilan bagi petani. Potensinya bisa diekspor ke sejumlah negara yang membutuhkan bahan baku porang. Syahar telah membuktikan di kebunnya di Sidrap. "Jadi intinya saya bilang hutan kita bisa rubah menghasilkan dollar tanpa merusak pohon-pohonnya," kata Syahar.

Soal videonya yang viral mengangkat keranda jenazah menurutnya adalah jenazah sahabatnya Sudirman Marzuki yang meninggal. Dia mengakui secara spontan tergerak untuk mengangkat langsung keranda ke Masjid Raya Pangkajene dan menjadi driver ambulans menuju ke pemakaman. (nsrn)

  • Bagikan