Tiga Gedung Baru RSUD Habiskan Rp62 M

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Tiga gedung baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salewangang Maros diresmikan Rabu, 10 Februari. Bupati Maros, HM Hatta Rahman meresmikan tepat sepekan sebelum Hatta mengakhiri jabatannya.

Adapun tiga gedung baru yang diresmikan yaitu, gedung tiga lantai, gedung Central Sterile Supply Department (CSSD), dan gedung Laundry. Tiga gedung ini masing-masing memiliki fungsi berbeda. Anggaran yang dihabiskan mencapai Rp62 miliar.

Direktur RSUD Salewangang Maros, dr Fitri Adicahya mengatakan, gedung tiga lantai merupakan gedung yang dibangun sejak 2017 hingga 2020. Lantai 1 digunakan untuk instalasi laboratorium dan radiologi. Lantai 2 digunakan untuk ruang operasi, ruang recovery pascaoperasi, dan ruang ICU/PICU.

"Ruang operasi ada empat unit dengan rincian satu kamar untuk bedah minor, dua kamar untuk bedah umum dan satu kamar untuk bedah mayor," katanya.

Sementara untuk lantai tiga kata dia, akan digunakan untuk ruang perawatan kelas 1, 2 dan 3 dengan kapasitas tempat tidur mencapai 50 buah.

Lebih lanjut kata dia, gedung CSSD berfungsi sebagai instalasi yang melayani pelayanan sterilisasi dengan fasilitas untuk menerima, mendisinfeksi, membersihkan, mengemas, mensterilkan, menyimpan, dan mendistribusikan alat-alat baik yang dapat dipakai berulang kali maupun sekali pakai. Sesuai dengan standar prosedur.

"Kalau untuk gedung laundry dibangun tahun 2020 yang berfungsi sebagai pelayanan yang menyediakan tempat pencucian dan pengelolaan linen sehingga menghasilkan linen yang bebas kuman, bersih dan rapi,"paparnya.

  • Bagikan