Makassar Surganya Makanan Enak, Yuk Cicipi Jajanan Kue Tradisionalnya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Rasanya semua orang akan sepakat bahwa Makassar adalah surganya makanan enak.

Selain beragam kudapan lezat yang kaya akan rempah dan bumbu khas, ibukota Sulawesi Selatan ini juga punya berbagai macam kue tradisional yang tak kalah menggiurkan. Kalau mampir ke Makassar, jangan lupa cicipi!

Siap-siap tergoda dengan kelezatan kue-kue Makassar berikut ini.

1. Jalangkote

Jalangkote sangat mirip dengan pastel. Isinya berupa wortel dan kentang yang dipotong-potong dadu kecil, tauge, dan suun yang dimasak dengan bumbu. Terkadang isinya ditambahi potongan telur rebus dan daging sapi cincang. Jalangkote dinikmati bersama saus sambal cuka encer.

2. Roko-roko Cangkuning

Dalam Bahasa Makassar, roko artinya bungkus, sedangkan roko-roko berarti kue yang dibungkus daun pisang. Roko-roko cangkuning menggunakan adonan tepung beras dan santan yang diberi isi kelapa parut yang dicampur gula merah. Kue ini biasanya dibungkus bentuk piramida.

3. Putu Cangkiri

Putu berarti beras ketan, sedangkan cangkiri adalah Bahasa Bugis untuk cangkir. Putu cangkiri sendiri adalah kue yang terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur gula merah atau gula pasir dengan isi kelapa muda parut. Kue ini dicetak di corong (hanya bagian lebarnya) lalu dikukus. Putu cangkiri bisa berwarna cokelat atau putih, tergantung jenis gula yang dipakai.

4. Cucur Bayao

Cucur bayao juga menggunakan kenari dan banyak kuning telur, namun tanpa kentang. Selain gurih, rasanya juga sangat manis karena direndam dalam air gula. Bentuknya bundar dan pipih dengan warna kuning dan tekstur seperti spons. Selain itu juga ada bayao nibalu yang terbuat dari adonan yang kurang lebih sama, namun berbentuk silinder dengan daging buah durian di tengahnya.

  • Bagikan