Rammang Rammang: Lukisan Tuhan Berupa Barisan Batu Karst Tiada Dua

Sabtu, 13 Februari 2021 18:12

Wisata Rammang-Rammang (IST)

FAJAR.CO.ID, MAROS — Rammang-Rammang, destinasi wisata ini kini telah mendunia. Terletak di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rammang-Rammang menyajikan pesona lukisan Tuhan berupa barisan karst yang dijamin membuat mata terdecak kagum.

Karst (pegunungan kapur) merupakan bentuk bentang alam khas yang terbentuk akibat proses pelarutan suatu kawasan batuan karbonat (batuan mudah terlarut), sehingga menghasilkan bentuk permukaan bumi yang unik dengan ciri exokarst (di atas permukaan) dan indokarst (di bawah permukaan).

Ternyata karst di Rammang-rammang adalah nomor satu terbesar di dunia. Di sana juga terdapat situs-situs bukti sejarah dari manusia purba.

Kata Rammang-Rammang berasal dari Bahasa Makassar, yaitu sekumpulan awan atau kabut. Terlihat dari kondisi Rammang-Rammang yang selalu berkabut setiap paginya, bahkan di setiap musim apa pun.

Rammang-rammang memang sangat menawan. Bahkan tak kalah cantik dengan Ha Long Bay di Vietnam maupun Guilin di China.

Rammang-Rammang menawarkan banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti Telaga Bidadari, Taman Hutan Batu Kapur, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Karaka, Sungai Pute, Telaga Bidadari, dan Kampung Berua.

Biasanya, yang paling sering dikunjungi adalah Kampung Berua. Kamu bisa ke sana dengan menaiki perahu motor kecil menyusuri aliran Sungai Pute. Jadi tunggu apalagi, ayo berkunjung ke Sulsel, berwisata murah dengan sajian lukisan alam tiada dua. (endra/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI