Wagub Buka Acara Tahsin Al-Qur’an IPIM Sulsel, Sampaikan Solusi Soal Permasalahan Masjid

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman membuka acara Bimbingan Tahsin Al-Qur'an yang diselenggarakan oleh Ittihad Persaudaraan Iman Masjid (IPIM) Sulsel secara virtual, Jumat malam, 12 Februari 2021.

Kegiatan ini diikuti oleh para iman masjid, musala, ustad, dan penyelenggara syara' utusan dari 24 pimpinan daerah IPIM kabupaten/kota se-Sulsel.

Dalam sambutannya, Sudirman menyampaikan banyak permasalahan yang sering ia temui soal masjid dan pengelolaannya. Salah satunya, soal iman masjid yang kadang keliru pelafalan ayat suci Alquran termasuk dalam memperbaiki mahrajnya.

"Sebagai imam, kita mesti bisa membaca dengan pelafalan yang benar" ucapnya.

Untuk itu, ia mendukung penuh pelaksanaan Bimbingan Tahsin Al-Qur'an 2021 yang diadakan oleh IPIM Sulsel. Harapnya, para imam masjid dapat lebih fasih lagi melafalkan bacaan salat.

Selain permasalahan itu, ia juga menyoroti masih banyaknya masjid di Sulawesi Selatan yang mengunci pintu jika bukan waktu salat. Hal ini, katanya, malah mencegah orang-orang untuk salat di rumah ibadah tersebut. Bahkan Wagub meminta agar bila perlu pagar masjid dirobohkan saja sehingga orang safar dan lewat memiliki akses parkir yang luas.

Hal lain lagi yang ia soroti, yakni soal waktu sholat. Katanya, kadang waktu salat yang ditentukan masjid tersebut terlalu cepat dan juga waktu Adzan dan Iqomah terlalu singkat sehingga kadang jamaah hilang hak persiapan ketika sudah dipanggil adza , sholat sunnat di rumah hingga tiba di masjid.

  • Bagikan