Ajukan Ke Kementan, Jalan Tani dan Irigasi Butuh Perbaikan

Sabtu, 20 Februari 2021 10:13

Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA – Infrastruktur pertanian butuh perbaikan. Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa mengajukan perbaikan jalan tani dan irigasi ke Kementerian Pertanian (Kementan).

Kepala Bidang Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa, Ilyas mengatakan, alat pertanian yang dimiliki sudah sangat canggih. Seperti mesin pemanen kombinasi (combine harvester), traktor empat roda, dan sebagainya sudah tersedia.

Untuk itu lanjutnya, infratsruktur jalan tani dan irigasinya saja yang perlu dibenahi ke depan. Karena peralatan tersebut butuh akses yang baik ke areal sawah. Makanya, kami fokus pada infrastruktur ini.

“Kami sudah mengajukan perbaikan infrastruktur ini ke Kementerian Pertanian, karena anggaran APBD terbatas. Belum lagi ada refocushing. Semoga tahun ini disetujui,” katanya, kemarin.

Seluruh kecamatan dari hasil musrembang mengajukan perbaikan jalan tani dan irigasi. “Jadi kalau jatah 1.000 meter. Nanti kita akan bagi, yang yang skala prioritas tentu dapat jatah lebih banyak. Semoga tahun ini sudah terealisasi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Gowa, Nasaruddin Sitakka mengatakan, sektor pertanian menjadi salah satu andalan di kabupaten Gowa. Hasilnya pun selalu melimpah. Hal itu berkat adanya bantuan alat pertanian dari pemerintah pusat.

“Kami mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya meningkatkan produksi pertanian. Di sisi lain, kami juga meminta agar data Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) segera diselesaikan tahun ini,” katanya.

Setidaknya, data tersebut selesai Juni 2021. Sebab, kartu petani ini sangat dibutuhkan oleh petani dalam mendapatkan pupuk subsidi. “Kalau datanya sudah tuntas, tahun depan semua petani sudah punya kartu tani,” imbuhnya. (*/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI