Kunker, Dinas Sosial Pastikan BPNT dan Buffer Stock Tersalurkan di Daerah

Sabtu, 20 Februari 2021 20:58

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Rombongan Dinas Sosial melakukan kunjungan kerja di empat daerah, yakni Kabupaten Barru, Sidrap, Luwu dan Palopo. Kunjungan berlangsung selama dua hari, 18 hingga 19 Februari lalu.

Plt Kepala Dinas Sosial, Gemala Faoza mengatakan ada beberapa agenda dalam kunjungan kerja tersebut, khususnya memantau dan memastikan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sampai ditangan masyarakat.

“Kita berkunjung ke e-warung untuk memantau penyaluran BPNT sampai ke masyarakat dengan keadaan cukup, baik sesuai pedoman umum,” kata Gemala Faoza.

Untuk itu, dialog dengan masyarakat dilakukan untuk mengetahui keluhan dan masalah yang ada di masing-masing daerah. Gemala menegaskan, jika dalam penyaluran tersebut tak sesuai pedoman, maka KPM berhak untuk mengembalikan sembako yang diterima.

“KPM harus meminta digantikan dengan sembako sesuai yang diharapkan,” tegasnya.

Selain itu, agenda lainnya ialah mengunjungi korban bencana dengan menyalurkan beberapa bantuan.

Di Kabupaten Barru misalnya, tim Dinsos Sulsel mengunjungi Dinsos Barru untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan dasar korban kebakaran yang terjadi 12 hari lalu

Selanjutnya, di Kabupaten Sidrap, pihaknya memastikan pengiriman buffer stock. Sekaligus melihat ketersedian kecukupannya, mengantisipasi jika terjadi bencana.

Di Luwu, Dinsos Sulsel juga sempat mengunjungi lokasi korban bencana alam puting beliung di kecamatan lamasi. Bantuan sembako diberikan kepada masyarakat korban bencana melalui Kepala Kecamatan Lamasi.

Gemala menambahkan, pemerintah harus siap bila terjadi bencana, salah satu upaya dinsos untuk mengantisipasi dengan mendistribusikan buffer stock ke kabupaten kota. Kegiatan ini dilakukan sejak awal Februari lalu.

Beberapa daerah yang sudah disalurkan antara lain Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, Selayar, Maros, Barru, Sidrap, Wajo, Luwu, Palopo, Lutra, dan Lutim.

Komentar

VIDEO TERKINI