Ulasan PUTR Tak Ubah Konsep Masjid 99 Kubah

Sabtu, 20 Februari 2021 10:37

Pengunjung berswafoto dengan latar Masjid 99 Kubah di kawasan CPI, beberapa waktu lalu. Pemprov memastikan kelanjutan bangunan ini tidak akan mengubah konsep awal. (IDHAM AMA/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel menjamin konsep awal Masjid 99 Kubah tetap dipertahankan. Bahkan ada rencana membangun satu menara.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Khaeruddin mengatakan, review atau ulasan desain tak akan mengubah konsep masjid tersebut.Melainkan perubahan itu dilakukan untuk memastikan struktur bangunan sekarang cocok dengan bahan yang akan digunakan untuk masjid nantinya.

Pasalnya bahan dinding Alumunium Composite Panel (ACP) yang saat ini terpasang tak tahan lama. Kemungkinan, baik kubah dengan dinding akan menggunakan bahan beton batu. Ketimbang ACP yang hanya bertahan benerapa tahun saja.

“Makanya perubahan ini memerlukan review desain. Baik dari segi struktur serta penyesuaian bahan serta perhitungan satuan. Tetap konsep 99 kubah tetap akan kami pertahankan,” ujarnya, Jumat, 19 Februari.

Selain itu, ada rencana untuk tetap membangun menara di kawasan masjid. Akan tetapi rencana tersebut, kata dia, menunggu ulasan desain rampung. Hasil inilah yang menjadi dasar untuk melanjutkan proyek tersebut.

“Yang pasti masih ada 17 kubah belum rampung. Kami tetap berkomitmen tuntaskan. Meskipun tahun ini kami sudah mulai operasionalkan agar bisa segera dimanfaatkan,” tambahnya.

Sekretaris Dinas PUTR Sulsel, Edy Rahmat menambahkan, pihaknya tetap berencana membangun satu unit menara masjid di CPI. Hanya saja, rencana pembangunan tersebut masih akan dievaluasi. Terutama untuk komponen bahan dinding yang digunakan.

Sebelumnya desain awal masjid 99 kubah menjadi karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selain kubah sebanyak 99 buah, ada satu menara yang akan dibangun dengan tinggi 99 meter. (*/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI