Vaksinasi 24.000 Nakes di Sulsel Ditarget Rampung Akhir Februari

Sabtu, 20 Februari 2021 09:34

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Persiapan Vaksinasi tahap kedua telah dilakukan. Namun, proses penyunyikan vaksin tahap satu untuk tenaga kesahan (Nakes) di Sulawesi Selatan belum sepenuhnya rampung.

Data Dinas Kesehatan Sulsel mencatat masih ada lebih dari 24 ribu Nakes di Sulsel yang belum mengikuti vaksinasi. Ditargetkan para garda terdepan itu bisa menerima vaksin akhir Februari.

Saat ini baru 40.442 Nakes atau sekitar 62 persen dari target 64.859 Nakes yang ditargetkan mendapatkan penyuntikan dosis satu. Sementara penyuntikan dosis kedua yakni 2816 atau baru terealisasi sekitar empat persen dari target 64.859 sasaran.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinaa Kesehatan Sulsel, Nurul AR mengaku optimistis vaksinasi dosis pertama untuk 24 ribu Nakes yang tersisa bisa rampung Senin (22/2/2021) lusa. Sementara untuk dosis kedua ditarget selesai Minggu terakhir Februari.

“Vaksinasi massal tetap diagendakan, daerah terus melalukan vaksinasi serentak untuk memperbaiki atau memaksimalkan cakupanya,” kata Nurul dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/2/2021).

Dinas Kesehatan Sulsel terus memantau proses vaksinasi di setiap daerah. Tujuannya untuk meninjau daerah yang stagnan dalam penyaluran vaksin.

“Kalau ada kecenderungan stagnan kita coba alihkan ke daerah lain yang membutuhkan. Nanti kita cek hari Selasa lagi untuk memastikan bisa tidaknya direlokasi,” ungkapnya.

Adapun daerah yang masih rendah realisasi vaksinasinya antara lain Kabupaten Bulukumba, Gowa, Sinjai, Jeneponto, dan Barru. Realisasi vaksinasi di masing-masing daerah tersebut masih di bawah 50 persen. (mg9/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI