Dua Dosen Unhas Terpilih sebagai Tim Reviewer Nasional Program Kampus Merdeka

  • Bagikan
Ir. Suharman Hamzah, Ph.D

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dua dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) terpilih Tim Reviewer Nasional untuk Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM). Program ini diselenggarakan Dewan Pendidikan Tinggi (DPT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). 

Kedua dosen Unhas, masing-masing Ir. Suharman Hamzah, Ph.D, dan Muhammad Alif K. Sahide, Ph.D. Suharman Hamzah dosen Fakultas Teknik, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Komunikasi Unhas.  Sementara Muhammad Alif K. Sahide merupakan dosen Fakultas Kehutanan sekaligus editor in chief Journal of Forest and Society.

Pengumuman hasil seleksi telah diumumkan oleh Ditjen Dikti pada Senin (22/2/2021).  Proses seleksi sendiri berlangsung cukup ketat, melibatkan unsur Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan Industri.

Sebanyak 155 orang dinyatakan memenuhi syarat dan terpilih sebagai Reviewer Nasional, terdiri atas 30 orang dari PTN, 85 orang dari PTS, dan 40 orang dari PTS.

Direktur Komunikasi sekaligus dosen Unhas yang terpilih sebagai Reviewer Nasional PK-KM, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D, dikonfirmasi, Jumat (26/2/2021) menjelaskan, proses seleksi berlangsung terbuka oleh DPT Dikti.

Menurutnya, persyaratan untuk menjadi reviewer merupakan dosen yang berasal dari PTN terakreditasi A dan minimal akreditasi B untuk PTS. Syarat lainnya berusia tidak lebih dari 45 tahun, dan memiliki pengalaman dalam pengelolaan pendidikan tinggi dan pengembangan perguruan tinggi.

"Peserta yang mengikuti seleksi cukup banyak, lebih dari 330 orang. Berbagai rangkaian seleksi kami lewati, mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis hingga psikotest dengan tiga jenis test. Setelah itu, para kandidat mengikuti pelatihan yang juga merupakan bagian dari seleksi," jelas Suharman.

  • Bagikan