Dorong Pelaku Usaha Kuliner, FoodStartup Hadir di Makassar

Selasa, 2 Maret 2021 16:29

(IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Upaya meningkatkan potensi industri kreatif sektor kuliner, Food Startup Indonesia (FSI) hadir di Makassar melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Digelar secara hybrid, sebanyak 80 pelaku usaha kuliner hadir secara luring untuk mengikuti sosialisasi mentoring dan matchmaking di The Rinra Hotel Makassar, Selasa (2/3/2021).

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Hanifa Makarim, mengatakan, FSI telah diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia, khusus wilayah Indonesia Timur memilih Makassar untuk digelar secara fisik dengan pertimbangan potensi yang ada.

“FSI hadir untuk melakukan pembiayaan atau permodalan generasi baru pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner yang berdampak dan berkelanjutan,” tutur Hanifa, Selasa (3/2/2021).

Hadir pula, CMO PT Ultima Rasa Akselerasi, Bonnie Susilo membeberkan rangkaian FSI dalam proses akurasi bisnis pelaku usaha yang akan berkelanjutan hingga bulan Mei mendatang.

“Kita akan menyelenggarakan online mentoring dalam bentuk webinar yang dimulai bulan Maret hingga Mei mendatang, dengan mengangkat 5 topik utama yaitu pengenalan dan teknis FSI, syarat dalam pendaftaran, kelayakan pembiayaan dari sudut investor, menyusun laporan keuangan untuk pembiayaan, hingga valuasi dan rencana pembiayaan,” beber Bonnie.

Untuk diketahui, FSI menawarkan bentuk pendanaan kategori early stage. Realisasinya, pelaku usaha yang menjadi sasaran yaitu peserta ekonomi kreatif yang membutuhkan pembiayaan maksimal Rp500 juta atau membutuhkan jejaring pengetahuan dalam melaksanakan usahanya.

Kemudian, positive revenue peserta ekenomi kreatif telah memiliki badan usaha yang sudah berjalan dan mencatatkan pendapatan minimal Rp300 juta dalam 12 bulan terakhir.

Sebelumnya, kegiatan FSI berhasil melakukan pendanaan bagi pelaku usaha di tahun 2020. Kegiatan tersebut, mencapai 6.499 peserta yang terdaftar, angka tersebut menunjukkan minat pelaku usaha kuliner tanah air semakin tinggi. Sosialisai FSI kembali hadir khusus Makassar sebagai kota terakhir yang digelar secara luring. (mg2/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI