Baharuddin Iskandar Ajak Guru dan Siswa Aktif Menulis

Jumat, 5 Maret 2021 19:12

Baharuddin Iskandar

FAJAR.CO.ID, PINRANG — Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X, Baharuddin Iskandar SPd MPd, mengajak FLP Pinrang dan Penerbit Shofia dalam kegiatan Bedah Buku dan Talkshow Kepenulisan yang dilaksanakan pada Jumat (5/3/2021) hari ini.

“Pena yang semakin tajam akan menjadikan kita aktif menulis,” kata Baharuddin Iskandar pada kegiatan tersebut.

Ia menyebutkan bahwa setiap guru dan siswa harus aktif menulis, karena kebiasaan menulis akan memberikan dampak yang baik. Seperti bagaimana ketika dia menjadi guru di salah satu sekolah di Pinrang dan sekolah itu mulai dikenal banyak orang karena prestasinya dalam bidang menulis.

Kegiatan tersebut juga dihadiri tiga penulis muda yaitu, Fathul Khair Tabri penulis novel Zain, Khaeriyah Nasruddin penulis novel Syaneem, dan Mawar Fatmah penulis novel Alarikh.

Dua penulis di antaranya merupakan alumni SMA Negeri 1 Pinrang. Ketiga penulis tersebut membagikan kisah mereka selama menulis novel. Mereka juga memberikan tips dan trik ketika menemukan kendala saat menulis kepada para peserta.

Para peserta yang hadir merupakan siswa yang memiliki minat terhadap dunia kepenulisan. Antusiasme peserta dapat terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan kepada para penulis.

“Perbanyak riset, dengan mengamati berulangkali, membayangkan lalu tuliskan. Sering-sering menonton vlog dan diskusi dengan teman,” tips Khaeriyah Nasruddin untuk peserta yang ingin menulis tema luar negeri.

“Luangkan waktu senggang untuk membaca, menonton dan berwisata. Lakukan riset,” saran dari Fathul Khair Tabri untuk pertanyaan salah satu peserta tentang mengatasi kendala menulis.

Pertanyaan lain dari peserta mengenai tema yang diangkat oleh Mawar Fatmah yaitu tentang thriller psikologi. “Tidak banyak penulis yang mengangkat tema psikologi dan itu menjadi tantangan untuk saya,” jawabnya.

Komentar

VIDEO TERKINI