Gandeng Industri Jasa Keuangan, OJK Himpun Rp4,29 miliar Donasi Kemanusiaan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA -- Turut bergerak dalam penanganan wabah Covid-19 dan bencana alam, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng Industri Jasa Keuangan (IJK) untuk mengumpulkan donasi kemanusiaan.

Hingga 1 Maret 2021, telah terkumpul dana sebesar Rp4,29 miliar yang dihimpun dari Anggota Dewan Komisioner OJK, 169 Industri Jasa Keuangan (Perbankan, Pasar Modal dan IKNB) serta asosiasi di sektor jasa keuangan dan juga bantuan dari Pegawai OJK.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X menyerahkan bantuan tersebut disaksikan oleh perwakilan industri jasa keuangan yang berada di Yogyakarta.

Sementara, bantuan kepada korban gempa di Mamuju diserahkan kepada Gubernur Sulawesi Barat, Andi Ali Baal Masdar secara virtual.

“Dengan upaya ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana di berbagai daerah. Mudah-mudahan dengan sinergi ini bisa memperkuat upaya kita membangun negeri ini,” ujar Wimboh dalam siaran pers OJK, Sabtu (6/3/2021).

Berdasarkan data yang dihimpun, dalam tahap pertama program yang bertajuk; "OJK dan IJK Peduli Bencana" berhasil menyalurkan bantuan sebesar Rp2,175 miliar.

Donasi itu terdiri atas, korban gempa di Mamuju Sulawesi Barat Rp1,75 miliar, pembangunan shelter Covid di Bantul Yogyakarta Rp150 juta, bantuan banjir di Semarang Rp100 juta, longsor di Sumedang Rp100 juta dan perbaikan tanggul sungai Citarum Rp75 juta.

Kemudian, donasi untuk bencana longsor di Sumedang dan tanggul Sungai Citarum akan dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2021 di Bandung, bekerja sama dengan Jabar Bergerak.

  • Bagikan