Fasilitator Edukator Keluarga Diminta Wujudkan Desa Ramah dan Layak Anak

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA-- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meminta seluruh fasilitator edukator keluarga yang mengikuti Training of Trainer (ToT) Pembelajaran Keluarga melalui Pengasuhan Positif Berbasis Hak Anak, untuk dapat mewujudkan Desa Ramah dan Layak Anak di mana mereka bertugas memberikan pendampingan nantinya. Hal ini ia tegaskan saat membuka kegiatan tersebut, Selasa (9/3/2021), di Aula Hotel Bukit Indah, Masamba.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Konfeksi Hak Anak dan Pelatihan Korban Kekerasan pada Layanan Kesehatan, serta akan berlangsung sampai 12 Maret 2021 mendatang.

“Harapan kita, para fasilitator yang kita latih hari ini nantinya harus bisa saling bersinergi untuk mewujudkan desa ramah anak dan layak anak di Kabupaten Luwu Utara,” kata Indah Putri Indriani. Untuk itu, dia berharap para fasilitator keluarga ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Saya minta mereka diidentifikasi dan didampingi. Pastikan mereka menjalankan tugasnya dengan baik, karena kegiatan ini tidak boleh berakhir pada saat selesainya pelatihan, karena yang kita latih adalah fasilitator yang nantinya bertugas di masing-masing desa,” harap Indah.

Masih Indah, fasilitator juga harus bisa memengaruhi setiap orang bagaimana menciptakan desa yang ramah anak, utamanya dalam hal pencegahan kekerasan terhadap anak.

“Saya harap kita bisa berkolaborasi dengan membangun partnership di semua sektor. Termasuk bagaimana fasilitator ini bisa merekrut dan melatih calon fasilitator lainnya di desa. Minimal satu dusun satu fasilitator bekerjasama TP-PKK melalui DWP Kecamatan dan Dasa Wisma. Mereka juga harus dilibatkan dalam kegiatan ini,” papar Indah.

  • Bagikan