Hadiri Musrembang RKPD di Sinjai Borong, Bupati ASA Tekankan Pentingnya SIPD

Selasa, 9 Maret 2021 14:50

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menghadiri sekaligus membuka acara Musrembang RKPD Tahun 2022 Kecamatan Sinjai Borong Tahun 2021, pada Selasa (09/03).Dalam kesempatan tersebut, Bupati Andi Seto menyampaikan beberapa arahan terkait SIPD yang berperan penting dalam optimalisasi pengembangan Daerah.

Kata dia, hadirnya Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) selaku sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah.

Tujuan SIPD sendiri adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah. Kinerja Pemerintah Kabupaten harus didukung kuat mulai dari Pemerintahan di Desa/Kelurahan sebagai pondasi. Dengan adanya SIPD, Pemerintah dituntut untuk lebih fokus dalam perencanaan dan mengedepankan sinergitas antara perencanaan daerah dan perencanaan desa.

“Setiap usulan dari Desa/Kelurahan, akan ditanggapi dan diproses dengan baik yang nantinya membentuk kegiatan dengan memperhatikan menu yang disiapkan sebagai hasil penjabaran RPJMD.”

Untuk mendukung usulan yang diajukan, Pemerintah Desa/Kelurahan diwajibkan menyertakan data yang akurat dan sesuai fakta lapangan, untuk mempermudah proses pengembangan terhadap objek yang dimaksud. “Kalau tata Pemerintahan dari tingkat bawah berjalan baik, maka pengelolaan Pemerintahan di Kabupaten juga mampu berjalan optimal,”jelas ASA.

Dalam kesempatan ini, ASA juga memaparkan beberapa hasil kerja Pemerintah Kabupaten Sinjai dari segi pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sinjai Borong. Diantaranya, peningkatan ruas jalan, pembangunan jembatan, serta rehabilitasi gedung sekolah. (sir)

Komentar

VIDEO TERKINI