KPPN Makassar II Sosialisasikan Pembiayaan Ultra Mikro ke Pelaku Usaha

Selasa, 9 Maret 2021 19:17

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– KPPN Makassar II mengadakan diskusi pembiayaan Ultra Mikro/ KUR dengan pelaku UMKM, Minggu (7/3/2021). Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Komunitas Literasi Kemandirian Ekonomit (LIKE) Kelurahan Parangtambung, Makassar, dihadiri juga oleh praktisi penyalur Ultra Mikro dari PT Pegadaian (Persero) di Makassar, serta pengurus Badan Usaha Masyarakat Gadde Ta.

Peserta Literasi Kemandirian Ekonomi (LIKE) di Kelurahan Parangtambung, terdiri dari mayoritas kaum wanita yang banyak diantaranya melakukan aktivitas usaha kecil berskala rumah tangga. Kegiatan juga disertai dengan kunjungan ke lokasi rumah produksi Badan Usaha Masyarakat Gadde Ta di Kelurahan Rappokalling.

Penyaluran Kredit Ultra Mikro (UMi), merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dengan memberdayakan pelaku usaha mikro yang belum tersentuh pihak perbankan. Pandemi Covid banyak mempengaruhi aktivitas usaha dan daya beli masyarakat.

Melalui penyaluran pembiayaan Ultra Mikro, pemerintah mengupayakan serangkaian kebijakan agar aktivitas usaha masyarakat di tingkat mikro baik individu ataupun kelompok bisa tetap berlangsung dan menjadi bagian dari pemulihan ekonomi.

Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) merupakan program pemerintah untuk penyediaan fasilitas pembiayaan bagi usaha Ultra Mikro yang belum dapat mengakses program pembiayaan dari perbankan. Fasilitas pembiayaan ini diberikan kepada individu atau kelompok melalui kerja sama dengan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) sebagai penyalur dan pendamping usaha mikro antara lain PT Pegadaian, PT Permodalan Nasional Madani, dan Koperasi Dhuafa.

Kepala KPPN Makassar II, Adi Setiawan menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan informasi program pemerintah terkait pembiayaan Ultra Mikro dapat disampaikan secara langsung kepada pelaku usaha dan individu/kelompok potensial penerima pembiayaan.

Selain sebagai media untuk pembiayaan yang mudah dan cepat bagi Usaha Ultra Mikro, diharapkan program ini dapat meningkatkan jumlah wirausahawan yang suatu saat dapat memiliki kemampuan dan kesempatan untuk mengakses pembiayaan perbankan

Komentar

VIDEO TERKINI