Hujan dan Genangan Tak Halangi Pelaksanaan Tes Fisik Atlet PON Papua

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Hari kedua pelaksanaan tes fisik, tes kesehatan dan psikotest bagi atlet dan pelatih yang merupakan kontingen propinsi Sulsel yang dipersiapkan berlaga untuk PON XX Papua berlangsung di tengah hujan deras dan genangan air yang mengelilingi kantor KONI Sulsel, Jl Sultan Hasanuddin Makassar, pagi hingga sore, Rabu (10/3/2021).

Hujan deras yang tak henti sepanjang malam hingga saat proses tes atlet berlangsung, praktis membuat genangan air setinggi tumit orang dewasa menggenangi kantor KONI dari halaman depan hingga halaman parkir disamping gedung tersebut, yang sedianya dipakai untuk menguji ketahanan fisik, kecepatan, kekuatan dan kelincahan atlet yang merupakan bagian dari tes fisik.

Akibatnya sejumlah tahapan tes fisik yang terganggu akibat hujan dan genangan air tersebut, pelaksanaannya dipindahkan kedalam dan di samping gedung kantor koni yang tidak berimbas oleh hujan dan genangan air.

Misalnya Test Bleep dan foot reaction test yakni tes berlari sejauh 20 meter dengan bolak-balik memindahkan tongkat, pelaksanaannya dipindahkan kekoridor gedung depan ruang sekretariat kantor KONI lantai satu dan di selasar gedung depan ruang bimpres dan ruang gym. Demikian halnya Shuttle run dan Ruller drop test juga dipindahkan kedalam area gedung.

Syamsuddin Umar, Wakil Ketua Bimpres Koni Sulsel yang juga ketua panitia pelaksana tes mengungkapkan bahwa pemindahan tempat lokasi ini tidak mengurangi syarat dan prinsip-prinsip tes yang diuji ke atlet.

“Hujan deras yang tidak berhenti-berhenti ini, bikin halaman yang dipakai menguji tergenangi air. Ini sangat membahayakan atlet karena air membuat arena ujian menjadi licin yang bisa mencederai atlet kita kalau terjadi insiden kecelakaan” katanya.

  • Bagikan