Ini 50 Inovasi Lolos KIPP, 4 dari Lutra, Mulai dari Getar Dilan sampai Gizel-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MASAMBA-- Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan secara resmi mengumumkan daftar 50 inovasi pelayanan publik yang berhasil lolos masuk ke dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) melalui Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP).

Dari 50 inovasi ini, ada empat inovasi dari Kabnupaten Luwu Utara yang berhasil lolos ke tahap penilaian presentasi, wawancara dan verifikasi lapangan yang dilakukan medio Maret 2021 ini.

Empat inovasi Luwu Utara yang lolos, masing-masing adalah Peta Baper atau Peta Berbasis Partisipatif (Bappeda), Getar Dilan atau Gerakan Tanam Sayur di Lahan Pekarangan (Dinas Ketahanan Pangan), Kebun Si Pintar atau Siswa Peduli Lingkungan Sekitar (Dinas Pendidikan), dan Rompi KPK atau Kelas Pencegahan Korupsi (Dinas Pendidikan). Berdasarkan daftar 50 inovasi yang lolos, beberapa inovasi memiliki akronim yang menarik, bahkan sangat unik.

Luwu Utara misalnya, ada Getar Dilan atau Gerakan Tanam Sayur di Lahan Pekarangan. Inovasi ini sudah mulai dilaksanakan pada pertengahan tahun 2019 yang lalu di dua Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), yaitu BPP Tanalili dan BPP Bonebone.

Inovasi ini sukses menyasar 475 kepala keluarga. Inovasi ini menerapkan pola kerja yang kolektif, dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sebagai ujung tombak dari inovasi berbasis kolaborasi multi pihak ini.

Selain Getar Dilan, ada juga inovasi yang memiliki akronim unik, yaitu Rompi KPK dan Peta Baper. Semua memiliki akronim yang unik. Namun, dari sekian banyak inovasi dengan akronim yang unik, ada satu inovasi yang menyita perhatian, yaitu Gizel-19.

  • Bagikan