Bupati ASA Komitmen Realisasikan Janji Politik di Sektor Keagamaan

Sabtu, 13 Maret 2021 17:17

Bupati ASA

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Pembangunan bidang agama adalah sektor yang sangat strategis untuk dilaksanakan. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Sinjai menempatkan pembangunan keagamaan sebagai salah satu program unggulan selain sektor ekonomi, pertanian, peternakan, perikanan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, lingkungan hidup, pemerintahan, pariwisata, pemuda dan olah raga, dan bidang pemberdayaan perempuan dan anak.

Pembangunan di bidang keagamaan tersebut adalah komitmen dan konsistensi pemerintah daerah terhadap pembinaan mental spiritual dan akhlakul Karimah masyarakat hingga generasi di masa-masa akan datang.

Memasuki tahun ketiga dibawah kendali Bupati Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Andi Kartini Ottong berbagai program telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas masyarakat di bidang keagamaan.

Program tersebut diantaranya, pemberian tunjangan kepada para Imam desa/kelurahan, Imam Masjid, Guru mengaji, petugas Riayah, petugas Muadzin dan penyelenggaraan jenazah.

Dari tahun 2018 penerima insentif keagamaan di Sinjai mencapai 2.995 orang kemudian meningkat di tahun 2019 menjadi 3.209 orang, selanjutnya ditahun 2020 juga ada 3.209 orang penerima insentif demikian halnya untuk target di tahun 2021 ini. Anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten ini besarannya meningkat tiap tahun.

Selanjutnya, bantuan hibah rehabilitasi Masjid, ditahun 2018 jumlah masjid yang menerima bantuan sebanyak 71 masjid dengan anggaran Rp 900 juta, di tahun 2019 ada 103 masjid menerima bantuan hibah dengan anggaran Rp 1,3 milyar, di tahun 2020 lalu ada 89 masjid dengan dana 1,2 miyar dan tahun ini direncanakan ada 25 masjid dengan jumlah anggaran Rp 380 juta.

Untuk bantuan dana hibah pondok pesantren dimulai pada tahun 2019 dengan jumlah bantuan Rp 300 juta untuk 6 pesantren di Sinjai.

Komentar

VIDEO TERKINI