Cegah Kenaikan Harga Jelang Ramadan, Pemkot Makassar Bakal Gelar Operasi Pasar Tiap Kelurahan

Senin, 15 Maret 2021 19:18

Moh Ramdhan Pomanto. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Harga bahan pokok jelang ramadan perlu diperhatikan, lantaran rentan terjadi kenaikan harga.

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar punya solusi untuk menghadapi hal tersebut. Salah satunya dengan memperadakan operasi pasar di tiap kelurahan.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengingatkan kepada pedagang agar tak memainkan harga di pasar. Sebab, hal itu akan membuat mereka rugi.

“Jadi kalau ada yang berani mainkan harga dia akan rugi, saya pastikan itu. Saya akan bikin operasi pasar di semua kelurahan dengan namanya pasar murah mobile,” ungkap Danny, Senin (15/3/2021).

Danny mengungkapkan, Pemkot akan menurunkan 10 unit mobil yang akan berkeliling tiap kelurahan, sehingga penyaluran bisa merata.

“Saya sudah tahu rumusnya, saya sudah bicara dengan bulog, termasuk kita akan operasi pasar kita sudah siapkan. Kami punya 10 mobil inflasi yang kita akan operasikan untuk operasi pasar berjalan,” jelas Danny.

Bahkan Danny menuturkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Bulog terkait ketersediaan bahan pokok untuk masyarakat. Pihak Bulog juga memastikan kebutuhan pangan bisa tercukupi.

“Saya belum tahu kalau stok, karena itu teknis sekali. Tapi kalau teknis kebijakan inflasi akan saya lakukan. Termasuk kalau gula dengan bulog semua. Stok ramadan aman termasuk kalau bulog sampaikan ke saya, banyak yang mau disalurkan,” katanya.

Danny mengaku, sudah tahu rumus untuk menekan harga di pasaran. Jika mengacu pada tahun tahun sebelumnya, Kota Makassar selalu berhasil menekan inflasi hingga di bawah 3 persen.

“Kita akan jaga ini barang di pasar-pasar, terutama mencegah adanya inflasi. Dulu kita terbaik inflasi di Makassar, dengan menekan inflasi di bawah 3%. Saya tahu rumusnya ini barang-barang sehingga cabai, daging, minyak goreng, gula dan beras, itu ada 5 dari 10 komiditi pemicu inflasi,” pungkas Danny. (ikbal/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI