IPSI Makassar Dorong Pencak Silat Jadi Ekstrakulikuler Wajib di Sekolah

Senin, 15 Maret 2021 17:12

Ketua IPSI Kota Makassar, M Yunus.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Makassar siap unjuk gigi. Menarget medali emas lebih besar di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sinjai 2022 mendatang.

Sebelumnya, pada Porda Pinrang 2018 lalu atlet pencak silat di bawah naungan IPSI Kota Makassar berhasil membawa pulang empat medali emas. Raihan itu menjadi dasar untuk meraih medali lebih besar.

Melalui Musyawarah Kota (Muskot) VIII, di Hotel Aswin, Sabtu 6 Maret lalu, mereka mematangkan diri untuk menggenjot kualitas atlet. Mereka sudah mulai mempersiapkan diri menatap ajang rutin tersebut.

Ketua IPSI Kota Makassar terpilih, M Yunus mengungkapkan, saat ini tengah berupaya merangkul perguruan-perguruan pencak silat di Kota Makassar. Sejauh ini sudah ada 20 perguruan yang telah bergabung.

Dengan bertambahnya perguruan, otomatis jumlah pengurus pun akan ditambah dua kali lipat dari sebelumnya 29 orang akan meningkat jadi 40 orang pengurus.

“Di Makassar ada 20 perguruan. Ada beberapa perguruan yang potensi atletnya bisa kita dorong untuk berprestasi,” ujar Yunus ditemui di Kantor DPRD Makassar, Senin (15/3/2021).

Untuk mewujudkan itu, seluruh sarana dan prasarana sudah dilengkapi. Mereka saat ini juga mulai memantapkan solidaritas dan sinergiatas di internal organisasi untuk mendorong target medali emas itu.

Dengan meningkatnya jumlah perguruan dan pengurus, Anggota DPRD Makassar dari Partai Hanura itu mengharapkan raihan medali emas juga dapat meningkat. Artinya harus ada peningkatan prestasi.

Karena peningkatan prestasi itu jadi ukuran keberhasilan sebuah cabor. Keberhasilan pembinaan dalam sebuah cabor dilihat dari hasil ending raihan medali emas yang didapatkan.

“Kalau kemarin di Porda Pinrang kita dapat empat medali emas, maka di Porda Sinjai kami target lebih dari itu. Ya kita target 5-6 emas. Banyak potensi yang bisa kita dorong,” sebut Yunus.

Komentar

VIDEO TERKINI