Kolam Nipa-nipa Mampu Kurangi Risiko Banjir 6 Kecamatan, Segera Diresmikan Jokowi

  • Bagikan

"Saat ini, progres fisiknya sudah di atas 90 persen. Ditargetkan sudah bisa selesai Juli nanti," pungkas Basuki.

Percepatan PSN

Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP), Febry Calvin Tetelepta menuturkan, Pemprov Sulsel sudah diminta untuk segera membentuk tim percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi, akhir bulan lalu. Ada dua PSN yang diminta menjadi prioritas yaitu proyek Kereta Api Makassar-Parepare dan Makassar New Port (MNP).

"Sekprov Sulsel yang pimpin. Ada berbagai pihak terkait dilibatkan. Kita ingin ada komunikasi yang berjalan. Seluruh permasalahan yang dihadapi, khususnya terkait pengadaan tanah di kabupaten/kota yang dilewati membutuhkan kerja sama yang baik dari seluruh pihak terkait.

Semua pihak mesti terlibat aktif. Mulai dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, Kanwil BPN, Kantor Pertanahan, sampai Polda harus dapat berkoordinasi dengan baik.

Jalur KA Makassar-Parepare sepanjang kurang lebih 145 km ini diproyeksikan akan mengurangi waktu tempuh Makassar-Parepare. Menyerap ribuan tenaga kerja secara langsung dan meningkatkan konektivitas penumpang maupun logistik.

KA Makassar-Parepare direncanakan akan beroperasi secara parsial pada tahun ini. "Khusus proyek MNP diproyeksikan akan mendukung sistem logistik nasional. Progres pembangunan MNP saat ini sudah mencapai 66 persen. KSP mendorong percepatan pembangunan MNP serta infrastruktur pendukung lainnya, terutama pembangunan akses jalan tol menuju MNP," tukasnya. (rdi-fik/rif-zuk)

  • Bagikan