Tak Pakai Tol Layang, Tetap Bayar Kenaikan

Senin, 15 Maret 2021 13:57

dham Ama /Fajar TOL LAYANG Pengguna tol dari arah Jl Tol Reformasi berhenti di persimpangan Jl AP Pettarani-Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Minggu, 14 Maret. Baik yang naik ke atas tol layang, maupun yang melintas di bawah dari arah tol, tetap akan membayar tarif yang sama. (FOTO: idham/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Operasional jalan tol layang Pettarani masih menunggu arahan Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT. Namun, pengguna mesti siap-siap dengan kenaikan tarif.

Penyesuaian tarif tol Makassar masih menunggu keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). PT Makassar Metro Network (MMN) selaku pengelola jalan tol Makassar telah melayangkan usulan kenaikan tarif tol ke Menteri PUPR. Usulan kenaikannya hingga 100 persen lebih.

Pengoperasian Jalan Tol Layang Pettarani membuat tarif di beberapa gerbang jalur tol mengalami kenaikan. MMN memang tak akan menambah gerbang khusus untuk akses jalan tol layang.

Dirut PT MMN Anwar Toha mengaku masih menunggu keputusan menteri yang menetapkan penyesuaian tarif baru di tol Makassar. Pihaknya memang mengusulkan penyesuaian atau kenaikan di empat gerbang tol.

Pertimbangan kenaikan tarif, ada tambahan fasilitas tol layang yang terkoneksi dengan jalur lain. Gerbang ini memang terhubung langsung dengan jalan tol layang AP Pettarani.

Usulan kenaikan tarif rencananya akan dilakukan di empat gerbang dari total sembilan gerbang tol. Pengguna tol yang melewati Gerbang Cambaya, Kaluku Bodoa, Parangloe, dan Tallo Timur, siap-siap dengan tarif yang bakal lebih tinggi.

Anwar membeberkan, tarif kendaraan golongan I yang saat ini sebesar Rp4.000 per kendaraan, akan ada kenaikan sekitar Rp9.500 per kendaraan. Usulan ini masih menunggu persetujuan menteri.

Tetap BayarMenurut Anwar, kehadiran jalan tol layang menjadi pelayanan tambahan yang tak terpisahkan dengan jalur tol existing. Jadi, penyesuaian tarif dilakukan di gerbang yang ada sekarang.

Dia mencontohkan, pengendara dari arah tol lama. Otomatis, penyesuaian akan dilakukan pada gerbang yang ada sekarang. Meskipun pada akhirnya, kendaraan tersebut tak naik ke fasilitas jalan tol layang. Melainkan berbelok ke arah Jalan Urip Sumoharjo atau ke Jl AP Pettarani.

Komentar

VIDEO TERKINI