Bagi yang Tak Punya Gawai, Siswa Bisa US di Sekolah

  • Bagikan

"Ujian sekolah untuk kelas XII tetap akan digelar. Ada 13 mata pelajaran yang diujikan. Mulai Kamis, 1 April hingga Sabtu, 10 April," kata Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Sulsel, Idrus.

Contohnya jurusan IPA. Rencananya mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di hari pertama. Lalu pelajaran Matematika. Hari terakhir atau pada Sabtu, 10 April, mata ujinya adalah pelajaran kimia.

"Kami tetap memberi pilihan ke sekolah. Mau daring atau luring. Pasti jika tatap muka, harus sesuai dengan protokol kesehatan. Jangan sampai ada lagi kerumunan," bebernya saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel, Senin, 15 Maret.

Menurutnya, kebijakan ujian ini diberlakukan sesuai instruksi kemendikbud. Sekolah tinggal memilih metode yang akan digunakan. "Apakah dengan evaluasi khusus atau menggelar ujian seperti tahun-tahun sebelumnya," jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Makassar, Husaefah mengatakan, pelaksanaan US kemungkinan akan melalui sistem daring (dalam jaringan). Hal ini mengingat kondisi covid-19 belum kondusif.

Diakuinya, meski sistem daring atau online, tetap ada fasilitas bagi siswa yang tak memiliki gawai atau laptop. Bisa saja pihak sekolah memberlakukan ujian tatap muka bagi mereka yang kesulitan sistem daring. Tetapi, dengan prokes ketat.

"Jangan sampai mereka tidak bisa ikut ujian hanya karena fasilitas tadi. Jadi kami harapkan ada ujian langsung untuk siswa. Apalagi ini menjadi salah satu ukuran kelulusan nantinya," beber Kasek SMAN 10 Makassar, ini. (*/fajar)

  • Bagikan