Bappeda Pemkot Makassar Gelar Forum Lintas SKPD

Selasa, 16 Maret 2021 20:16

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Forum lintas SKPD yang dibuka Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar, M. Ansar, di Hotel Claro, Selasa (16/3/2021).

Forum ini dilaksanakan untuk penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran yang telah disusun dalam Rancangan Renstra Perangkat Daerah.

M. Ansar mengatakan, salah satu tahapan dalam proses perencanaan Pembangunan daerah adalah Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah.

“Mewujudkan proses perencanaan pembangunan harus didukung oleh tata pengelolaan pembangunan partisipatif, dari pelaku tatanan Pemerintahan, diperlukan Pemerintahan yang jujur, dan terbuka,” ujar Ansar dalam sambutannya.

Lanjut Ansar, proses perencanaan partisipatif merupakan (top-down) atas bawah yang proses perencanaan diselaraskan melalui Musrembang di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota dan Provinsi bahkan tingkat Nasional.

“Dari hasil monitoring dan evaluasi program kegiatan tahun sebelumnya, masih ditemukan kelemahan- kelemahan baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan,” jelas M. Ansar.

Untuk itu Ansar mengingatkan, kepada seluruh Perangkat Daerah (PD) Lingkup Pemerintah Kota Makassar untuk memperhatikan menyusun suatu kegiatan harus jelas Indikator kinerja, baik pada indikator keluaran (output) maupun indikator hasil (outcome) yang akan dicapai.

“Perumusan suatu kegiatan harus mampu dilaksanakan pada tahun yang bersangkutan, memperhatikan kemampuan pendanaan. Memperhatikan Sinergitas baik didalam Perangkat Daerah sendiri maupun Lintas Perangkat Daerah, serta mempedomani Standar Pelayanan Minimal (SPM),” ungkapnya.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Khadijah Iriani mengatakan, forum lintas SKPD ini dilaksanakan untuk mempublikasikan serta verifikasi hasil hasil musrembang mulai dari kelurahan dan kecamatan sampai ke tingkat dewan

“Jadi nanti SKPD itulah memilah apa yang berkesesuaian dengan program- program kerja mereka,” terang Iriani. (ikbal/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI