Spot, Robot Anjing yang Mulai Dipelihara

Selasa, 16 Maret 2021 15:08

Robot anjing

FAJAR.CO.ID, FLORIDA —Anjing robot Boston Dynamics, Spot, telah terlihat di rumah sakit, di tempat kejadian perkara, dan fasilitas pengujian roket luar angkasa. Namun, kali ini berbeda. Robot kuning tersebut tampak berjalan di pantai Florida dengan leher terikat tali.

Sebuah video muncul dariseorang wanita yang sedang berjalan dengan anjing mekanik yang dia beri nama “Scrappy”. Mereka berjalan di jalan di sepanjang dermaga di Fort Pierce, ditonton ratusan orang. Ada yang tampak senang, dan tidak sedikit yang ketakutan.

Selama berjalan-jalan, Scrappy memamerkan keahliannya dengan duduk dan berhenti saat diperintahkan. Sesekali bermanuver di sekitar kerumunan dan objek yang dilewatinya.

Robot yang biasanya digunakan oleh perusahaan ini, tampaknya akan menjadi anjing mekanik peliharaan rumah tangga. Seperti, Scrappy yang bahkan memiliki saluran YouTube sendiri. Jalan-jalan di Fort Pierce dimainkan dalam dua klip.

Pertama menunjukkan Scrappy berlari ke arah pantai. Robot dan pemiliknya melewati sebuah restoran dan suara kaki mekanisnya terdengar berdesir di trotoar. Sekelompok petugas polisi menghentikan pasangan itu untuk melihat anjing robot yang sedang berlari di jalan.

“Bisakah kamu duduk Scrappy? Duduklah,” kata wanita itu, dan sang robot langsung melakukannya. Video lainnya menunjukkan Scrappy berjalan mondar- mandir di dermaga saat bermanuver di sekitar kerumunan.

Boston Dynamics menciptakan Spot pada tahun 2015, menggembar-gemborkannya sebagai anjing robot dengan gerakan mirip manusia.Selama bertahun- tahun, perusahaan tersebut melakukan pengujian intensif dengan alat berattersebut untuk meningkatkan kemampuannya yang terbukti bermanfaat untuk penggunaan di dunia nyata.Dan pada Juni 2020, Spot dirilis ke publik.(bs/dni)

Komentar

VIDEO TERKINI