Waduk Nipa-nipa Kurangi 30 Persen Dampak Banjir

  • Bagikan

Rencananya, Presiden Jokowi akan tiba di Makassar sekitar pukul 10.00 Wita. Selanjutnya, presiden akan terbang ke Tana Toraja guna meresmikan Bandara Buntu Kunik Tana Toraja.

Selanjutnya, pukul 11.45 Wita, presiden beserta rombongan meninjau proses vaksinasi di Puskesmas Tana Toraja, serta mengecek prosesnya. Peserta dibatasi hanya 50 orang saja menggunakan pakaian adat.

Kemudian, pukul 14.50 Wita, kembali di Makassar menuju lokasi peresmian Kolam Regulasi Nipa-nipa. "Karena terbatasnya waktu, saya kemarin mengusulkan ke kementerian melalui virtual agar Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Layang Pettarani Makassar lewat penandatanganan prasasti," ungkapnya.

Beberapa menteri juga dijadwalkan hadir. Di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan MenPUPR. Kemudian Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang sudah datang lebih dulu (Senin kemarin) dan dijemput Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Bandara Toraja

Bandara Tana Toraja yang akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Kamis, 18 Maret, berada di Buntu Kunik, Kecamatan Mengkendek.

Bandara tersebut memiliki panjang landasan pacu 2.000 meter dan lebar 30 meter. Proyek pembangunan bandara baru Tana Toraja ini telah menghabiskan anggaran sebesar Rp500 miliar.

Pekerjaan terakhir pada 2020 berupa penyelesaian runway, terminal serta sarana lainnya dengan anggaran sebesar Rp170 miliar.

Tahun ini, Kementerian Perhubungan kembali menggelontorkan anggaran sebesar Rp100 miliar untuk pemotongan bukit di lokasi bandara.

Setelah rampung dan siap diresmikan, namanya berubah menjadi Bandara Toraja yang sebelumnya dikenal dengan nama Bandara Buntu Kuni.

  • Bagikan