Peduli Perkembangan Anak, Plt Gubernur Sulsel Minta Intervensi Kondisi Anak Gizi Buruk Penderita Epilepsi di Pinrang

Jumat, 19 Maret 2021 11:54

FAJAR.CO.ID, PINRANG – Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman turut memberikan perhatian perihal tumbuh kembang anak, khususnya di Provinsi Sulsel.

Hal itu pun Andi Sudirman kembali meminta intervensi dari OPD terkait melihat kasus gizi buruk pada anak di Kabupaten Pinrang.

Anak itu bernama Ani Zamzam Rahmadani. Putri kedua yang lahir pada 6 Agustus 2011 ini anak dari pasangan suami istri Jamis dan Najmia. Ani menderita gizi buruk yang diakibatkan dari penyakit penyerta, epilepsi.

Keluarga Ani merupakan warga Kassi Pute, Desa Ujung Labuang, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang.

Rahma Anis dari Seksi Kesga Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan, bahwa Dinkes Provinsi dan Dinkes Kabupaten Pinrang melakukan upaya intervensi untuk kondisi Ani Zamzam.

Ia pun mengatakan, bahwa dari keterangan keluarga dan pihak petugas kesehatan, jika saat umur 9 bulan Ani pernah kejang-kejang bahkan sempat koma saat dirawat di RSUD Andi Makkasau Parepare.

“Penyakit epilepsi ditandai dengan kejang dan pasien ini mulai umur 9 bulan terkena penyakit ini. Sekarang rutin kontrol berobat di RSUD Lasinrang Pinrang. Kami tetap memantau perkembangan kondisi kesehatan dan memberikan intervensi sesuai kebutuhan pengobatan dan pemulihan,” jelasnya, Jum’at (19/3/2021).

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang terkait peningkatan status gizi, tumbuh kembang anak sekaligus pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Pihaknya pun, kata dia, melakukan intervensi untuk kondisi Ani dengan memberikan bantuan susu, biskuit dan telur. Untuk keluarganya pun telah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial PKH dan beras raskin.

Komentar

VIDEO TERKINI