Rehabilitasi Bola Soba, Bupati Bone Ungkap Harus Selesai Sebelum Masa Jabatan Berakhir

Rabu, 24 Maret 2021 22:54

FAJAR.CO.ID, BONE — Bola Soba atau rumah persahabatan akan segera dibangun kembali. Pemerintah Daerah Bone akan memfokuskannya. Bahkan Bupati Bone sendiri meminta diselesaikan sebelum masa jabatannya berakhir.

“Bola Soba ini harus dibangun sebelum masa jabatan saya berakhir. Mudah-mudahan Pak Ketua DPRD dan teman-teman DPRD merestui,” kata Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi Rabu (24/3/2021).

Selain itu, rencana rehabilitasi Bola Soba juga akan dipijirkan ulang lokasinya. Nantinya juga bukan hanya sebagai Bola Soba saja, tetapi menjadi pusat kajian budaya dan adat bugis di Sulsel.

“Saya punya pemikiran mudah-mudahan mendapat restu, ada bukit di Palakka bahwa disitu pernah berdiri istana Arung Palakka. Dan banyak artefak yang ada di situ, dan tanah itu sudah dimiliki orang. Saya belum bisa pastikan kebenarannya. Tetapi saya berpikir membebaskan itu dan memindahkan area Bola Soba di sana,” ucap Andi Fahsar.

Bupati dua periode itu juga menambahkan, apalagi sudah ada pernyataan dari Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) yang akan membuka semacam donasi Bola Soba.

“Hebat itu. Kalau ini bisa dilakukan Alhamdulillah. Kami sangat berterima kasih. Ini suatu bentuk kecintaan kita terhadap Bone termasuk dengan peninggalan budayanya,” sebut Fahsar.

Sementara Sekjend KKMB, Andi Bohar Alam mengaku, pihaknya sudah mengagendakan hal itu dan dalam waktu dekat ini akan merapatkan secara nasional untuk terlibat sebagai turunan orang Bone harus berpartisipasi dalam rangka mempercepat proses pembangunan Bola Soba.

“Bentuk keterlibatan kita nanti dalam sumbangan materi,” ucapnya. (agung/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI