Tingkatkan Kualitas SAR Personel, BPBD Gelar Latihan Pertolongan di Laut

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Peningkatkan Sumber Daya Manusia yang terampil dan berkualitas dalam segala situasi penanganan bencana alam wajib dimiliki oleh setiap anggota Search and Rescue, utamanya bagi personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar.

Hal tersebut diutarakan Kapala bidang Kedaruratan dan Kasi Logistik BPBD Kota Makassar Kepala seksi Logistik BPBD Kota perlengkapan BPBD A. Mediyanto saat mendampingi personilnya dalam latihan pertolongan korban, di Pantai Tanjung Bayang, Rabu (24/3/2021).

"Simulasi pertolongan bencana korban banjir kita laksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas, keterampilan serta kesiap siagaan personel BPBD, dalam membantu warga yang terkena bencana," katanya.

Menurutnya kesiapan setiap personel tanggap bencana, tidak hanya harus memiliki keterampilan secara teknis saja, namun harus diimbangi keterampilan yang cakap dalam menggunakan peralatan bencana.

"Dalam latihan ini, perlengkapan yang biasanya kita pakai dilapangan, kita turunkan agar setiap personal memahami fungsi dan kegunaan masing masing perlengkapan tersebut saat terjadi bencana," jelasnya.

Kepala bidang Kedaruratan BPBD Makassar Winardi menjelaskan, kegiatan pelatihan ini akan rutin dilaksanakan guna meningkatkan keterampilan para personel BPBD Makassar.

"Latihan ini akan rutin kita laksanakan, tidak hanya latihan di laut namun latihan lainnya juga kita laksanakan sesuai seperti pencarian orang, membantu korban bencana alam seperti gempa dan lain lain," lanjut Winardi.

Pada kesempatan latihan ini pihak BPBD Makassar menerjunkan 20 orang personel enam orang didalamnya adalah wanita.

  • Bagikan