100 Warga Binaan di Rutan Makassar jadi Anggota Pramuka

Kamis, 25 Maret 2021 20:08

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Riak gembira ratusan warga binaan di Rutan Kelas 1 Makassar terdengar lantang. Gerakan pramuka dan tarian modern diperagakan para penghuni rumah tahanan itu.

Semuanya tergabung dalam anggota pramuka yang ditugaskan meramaikan acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus Pramuka Gudep 08.131-08.132 Pangkalan, Rutan Kelas I Makassar, Kamis (25/3/2021).

Dari kegiatan itu, disimpulkan, rupanya tak selamanya rumah tahanan adalah tempat yang menyengsarakan bagi para pelaku tindak pidana, yang tengah menjalani masa tahanan.

“Kami bersyukur dengan pelantikan pengurus Majelis pembimbing gugus depan dan para pengurus gugus depan di Rutan Kelas I Makassar ini,” kata Ketua Kwarcab Pramuka Makassar, Iqbal Samad Suhaeb kepada wartawan.

“Tak hanya sekadar sadar hukum atas masalah yang mereka hadapi. Akan tetapi, diharapkan warga binaan yang masuk dalam keanggotaan pramuka ini memiliki rasa kebangsaan, nilai-nilai nasionalisme dapat diteruskan kepada saudara-saudara kita yang merupakan warga binaan,” sambung mantan Pj Wali Kota Makassar ini.

Terpisah, Kepala Rutan Kelas 1 Makassar, Sulistyadi, mengaku sangat bahagia melihat ratusan warga binaannya ikut serta dalam kegiatan yang biasa ada di jenjang sekolah dasar hingga menengah ini.

Mereka yang menjadi anggota pramuka, umumnya adalah yang masih memiliki usia yang muda dan masih produksi, serta memiliki mental kuat untuk tampil memeriahkan acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus Pramuka Gudep 08.131-08.132 Pangkalan Rutan Kelas I Makassar.

“Untuk yang ikut Pramuka rata-rata usianya 19 sampai 30 tahun. Dan hari ini yang sudah terdaftar ada seratusan,” katanya usai menghadiri acara tersebut di kantornya.

Dari 100 orang anggota Pramuka dari Gudep Rutan itu, lanjut Sulistyadi, kebanyakan belum mengenal dunia kepramukaan saat duduk di bangku sekolah. Kegiatan ini pun jadi wadah perkenalan mereka.

Komentar

VIDEO TERKINI