Ini Agenda Hari Jadi Bone ke 691

Kamis, 25 Maret 2021 19:18

Ketua Panitia HJB ke 691, Andi Islamuddin

FAJAR.CO.ID, BONE — Hari Jadi Bone (HJB) ke 691 bakal dilaksanakan tahun ini. Dikemas secara sederhana dan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes).

HJB ke 691 bertepatan pada 6 April nanti. Namun agenda HJB dimulai dari tanggal 28 Maret untuk Mallekke Uwwai dan Massimang di Bubung Pitue. Kemudian tanggal 29 Maret Prosesi Pra Mattompang Arajang di Museum Arajang Halaman Rujab Bupati Bone.

Ketua Panitia HJB ke 691, Andi Islamuddin mengatakan, Tahapan dimulai tanggal 28 ambil air dibeberapa sumur, dilanjut pra mattompang.

“Setelah itu ziarah makam raja-raja Bone di Bulukumba, Bantaeng, Gowa, Makassar, dan Pinrang,” katanya saat ditemui di Kantor Bupati Bone, Kamis (25/3/2021).

Kata Sekda Bone itu, makam raja-raja yang akan di ziarah yakni Raja Bone IX La Pattawe Matinro ri Bettung tanggal 30 Maret di Bulukumba, kemudian Raja Bone ke XI La Tenri Ruwa Sultan Adam Matinroe ri Bantaeng di Kabupaten Bantaeng, lalu Raja Bone ke XV Datu Marioriwawo Arung Palakka Matinroe ri Bontoala tanggal 31 Maret di Gowa.

Kemudian Raja Bone ke XII La Tenripale Matinroe Ri Tallo, Raja Bone ke XXIII Tenri Tappu Sultan Ahmad Saleh Matinroe ri Rompegading, baru Raja Bone ke XXXII Andi Mappanyukki. Setelah itu baru lanjut ziarah makam Andi Pangeran Pettarani. Itu semua dilakukan pada tanggal 31 Maret.

Lalu Raja Bone ke XXVIII Pancaitana Tenriawaru Besse Kajuara Matinroe ri Majennang pada 1 April. Setelah itu baru ziarah makam raja di wilayah Bone tanggal 2 April.

“Pada tanggal 3 dan 4 April ada jeda dulu. Tanggal 5 baru lanjut Maccera, Zikir bersama dirangkaikan perayaan isra miraj. Tanggal 6 Rapat Paripurna di DPRD Bone, dan dilanjutkan prosesi Mattompang Arajang di Halaman Rujab Bupati Bone,” jelas Islamuddin. (agung/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI